Curug Leuwi Hejo Bogor, Wisata paling Murah di Sentul


Bogor merupakan suatu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki kekayaan alam sangat tinggi. Kabupaten Bogor merupakan daerah yang memiliki pesona alam yang indah karena memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang sangat banyak tersebar di beberapa wilayah. Selain Puncak dan Sentul, salah satu kawasan wisata rekreasi di Bogor dan paling ramai diperbincangkan saat ini adalah Wisata Alam Curug Hejo, Babakan Madang.


Alamat dan Lokasi Curug Leuwi Hejo

Curug Hejo berada di Kampung Wangun Cileungsi Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Curug Leuwi Hejo atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat bernama Curug Bengkok adalah sebuah air terjun mini yang ditampung oleh kolam kecil berwarna hijau dan memiliki air yang sangat jernih serta dingin yang lumayan menusuk tulang. Sebenarnya nama aliran sungai tersebut adalah sungai Cileungsi. Dari sinilah awal mula sungai Cileungsi berasal. Karena pancaran air ketika terkena sinar matahari berwarna hijau maka disebut Leuwi Hejo dan kebetulan berada jauh dibawa kaki bukit kecil. Curug Bengkok dinamakan demikian karena air yang terjun dari bebatuannya tidak lurus yang bagi masyarakat setempat dinamakan Bengkok. Bengkok = tidak lurus. Kolam yang jernih ini menuai banyak sorotan bagi para pecinta wisata alam. Popularitasnya baru muncul beberapa bulan kemudian setelah beberapa orang traveler yang mengenalkan lokasi ini disebuah forum komunitas dunia maya, seperti Facebook dan Twitter. Curug ini kemudian berganti nama menjadi Curug Leuwi Hejo, dan nama tersebut akhirnya melambung di dunia para pecinta alam. Jadilah Curug Leuwi Hejo seperti artis yang sedang naik daun dan diburu oleh para petualang baik dari wilayah Bogor, Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, bahkan Bandung.


Akses Menuju Wisata Curug Leuwi Hejo Bogor

Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda dapat menempuh beberapa alternatif jalan menuju lokasi ini. Anda bisa melalui Sentul City atau Citeureup Bogor.

Melalui Sentul City, Babakan Madang

Dari Jagorawi, Exit Tol Sentul City. Belok kiri ke arah Sentul City, Giant, Jungle Land. Setelah Giant Ada jalan turun ke bawah menuju arah pertigaan Rainbow Hills Golf dan Polsek Babakan Madang, Sate PSK, SLDC. Ambil Kiri ke arah Polsek Babakan Madang. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Belok Kanan ke arah Gunung Pancar. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah. Jangan masuk ke kanan, ke arah Pemandian Air Panas Gunung Pancar, tapi belok kiri ke arah Desa Karang Tengah. Ikutin terus jalan tersebut sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi sebelah kanan jalan. Harap berhati-hati karena kondisi jalan rusak parah dan terjal sehingga dapat memicu adrenalin Anda.


Melalui Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup

Dari tol Jagorawi, exit tol Sirkuit Sentul. Belok kiri dan putar arah menuju Desa Leuwi Nutug, Bukit Hambalang, Kecamatan Citeureup. Lurus terus melewati Pom Bensin Leuwi Nutug sampai bertemu pertigaan Kecamatan Citeureup dan Jalan Tengsaw. Belok kanan ke arah Jalan Tengsaw, Indokordsa. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Desa Babakan dan Desa Pasir Mukti. Belok kanan ke arah Kebun Wisata Pasirmukti. Sesampainya di Kebun Wisata Pasirmukti lurus terus menuju Kecamatan Sukamakmur sampai bertemu Desa Cibadak, Kec. Sukamakmur dan pertigaan Jonggol, Cianjur dan Desa Karang Tengah. Belok Kanan ke arah Desa Karang Tengah sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi sebelah kiri jalan. Kondisi jalan melalui Kecamatan Citeureup dan Sukamakmur lebih baik jika dibandingkan dengan melalui jalan Gunung Pancar, Babakan Madang.

Melihat banyaknya lonjakan pengunjung menuju lokasi Wisata Alam Curug Hejo ini, masyarakat berinisiatif memperbaiki akses jalan yang menuju Curug tersebut agar pengujung nyaman ketika berkunjung walaupun masih berbentuk tanah merah. 

Pada saat musim hujan datang, sebaiknya Anda jangan mengunjungi lokasi ini karena rawan kecelakaan. Selain akses jalan yang masih labil dan belum layak pakai, antisipasi banjir bandang pun harus diperhatikan yang bisa saja datang tiba-tiba.


Harga tiket menuju Lokasi dan Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo Bogor merupakan wisata alam paling murah di Sentul. Sebelum masuk menuju lokasi ini, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 saja per orang kepada sejumlah warga yang menjaga. Biaya penitipan kendaraan roda dua: Rp. 5.000, roda empat Rp. 15.000,- Dari lokasi parkir pengunjung harus kembali berjalan sekitar satu kilometer untuk sampai menuju objek yang dituju. 


Pengelolaan Wisata Alam Curug Hejo ini seharusnya dapat dilakukan dengan baik untuk mencegah oknum-oknum yang mengatasnamakan masyarakat dengan menarik retribusi liar menuju Curug Leuwi Hejo. Dengan pengelolaan yang baik tentunya dapat memberikan fasilitas dan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Fasilitas seperti areal parkir, perbaikan jalan, tempat sampah, toilet, kamar bilas perlu menjadi perhatian.

Untuk lokasi penginapan atau home stay di sekitar Curug Leuwi Hejo ini, silahkan Hubungi Kami sekarang juga.

Info Terupdate

Ingin seru-seruan bermain paintball silahkan klik di sini, Paintball Murah di Sentul. Ingin menguji adrenalin Anda, serunya bermain arung jeram, silahkan klik Tempat Rafting di Sentul

..

Bagikan artikel ini