Paket Wisata Agro Edukasi Sentul, Kebun Pasir Mukti

Wisata Agro Edukasi Sentul, Kebun Wisata Pasirmukti. Sebuah Lokasi Wisata Agro di Sentul. Harga Paket Pas untuk Anak Sekolah TK, SD, SMP, SMA. Lokasi strategis, akses mudah dijangkau, parkir luas, harga murah dan areal lapangan besar dengan banyak pilihan.
Booking sekarang juga di 08569 5757 999.

Paket Wisata Agro Edukasi Sentul

Paket Wisata Agro Edukasi Sentul

Berikut ini adalah Paket Wisata Agro Edukasi Sentul yang dikemas secara fun dan edukatif. Lokasinya hanya ada di Kebun Pasir Mukti.

1. Paket Wisata Agro Edukasi A (TK/SD) Rp. 170.000/orang
Minimal 30 orang

Termasuk: Tiket Masuk & Bebas Parkir, Saung Kumpul, Welcome Drink, Makan Siang 1 kali, Snack 1 kali, Games Seru, Frutiwok, Dunia Ikan, Memberi Makan Ikan, Dunia Unggas, Panen Sayur, Asuransi Kecelakaan.

2. Paket Wisata Agro Edukasi B (Remaja) Rp. 170.000/orang
Minimal 30 orang

Termasuk: Tiket Masuk & Bebas Parkir, Saung Kumpul, Welcome Drink, Makan Siang 1 kali, Snack 1 kali, Games Seru, Frutiwok, Hidroponik, cangkok, Dunia Ikan, Memancing, Asuransi Kecelakaan.

3. Paket Wisata Agro Edukasi C (Dewasa) Rp. 170.000/orang
Minimal 30 orang

Termasuk: Tiket Masuk & Bebas Parkir, Saung Kumpul, Welcome Drink, Makan Siang 1 kali, Snack 1 kali, Fun Games, Frutiwok, Hidroponik, Cangkok, Kompos Rumah Tangga, Asuransi Kecelakaan.

4. Paket Wisata Agro Edukasi D (+Paintball) Rp. 270.000/orang
Minimal 30 orang

Termasuk: Tiket Masuk & Bebas Parkir, Saung Kumpul, Welcome Drink, Makan Siang 1 kali, Snack 1 kali, Fun Games, Frutiwok, Hidroponik, Cangkok, Asuransi Kecelakaan, paintball games, senjata semi otomatis, google/masker, 30 butir peluru.

5. Paket Wisata Agro Edukasi E (Outbound +Paintball) Rp. 350.000/orang
Minimal 30 orang
Termasuk: Tiket Masuk & Bebas Parkir, Saung Kumpul, Welcome Drink, Makan Siang 1 kali, Snack 1 kali, Fun Games, Frutiwok, Hidroponik, Cangkok, Asuransi Kecelakaan, paintball games, senjata semi otomatis, google/masker, 30 butir peluru, desain program outbound team building, fasilitator, game master, standar medicine, air mineral.

6. Paket Wisata Agro Fun Outbound Rp. 250.000 / orang
Minimal 30 orang

Termasuk: Tiket Masuk & Bebas Parkir, Saung Kumpul, Welcome Drink, Makan Siang 1 kali, Snack 1 kali, Fun Games, Frutiwok, Hidroponik, Cangkok, Dunia Ikan, Memancing, Asuransi Kecelakaan, desain program outbound team building, fasilitator, game master, standar medicine, air mineral.

7. Paket Wisata Agro Rekreasi Rp. 130.000 / orang
Minimal 50 orang

Tiket Masuk & Bebas Parkir, Saung Kumpul, Welcome Drink, Makan Siang 1 kali, Snack 1 kali, sound standar, lapangan.

Di luar paket di atas, kami pun menawarkan paket lain yang tak kalah seru. Silahkan klik di sini.

Paket Wisata Agro Edukasi Sentul

Reservasi Sekarang!

Segera Hubungi Kami di:
Telp.: 08569 5757 999
atau
Email: wisataalamsegar@gmail.com

Dapatkan penawaran terbaik Paket Wisata Agro Edukasi Outbound di Kebun Pasir Mukti selama bulan Januari 2016.

Kebun Wisata Pasir Mukti

Kebun Wisata Pasirmukti adalah sebuah tempat wisata di Sentul dengan konsep kebun wisata agro yang ramah lingkungan. Luas lahan Kebun Wisata Pasir Mukti sebesar 15 hektare dilengkapi dengan panorama hamparan sawah diantara kebun buah dan kolam pancing ikan. Terletak diantara Desa Tajur, Pasirmukti, dan Gunung Sari, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya, Kebun Wisata Pasir Mukti berada di Desa Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Jam operasional Kebun Wisata Pasirmukti adalah pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap hari.

Harga Tiket Masuk

Untuk sekedar bisa menikmati suasana alam Kebun Pasir Mukti, Anda tidak perlu membayar mahal. Hanya dengan Rp. 15.000/orang. Harge tersebut berlaku untuk umum dan anak-anak, kecuali usia 2 tahun ke bawah. Dengan harga tersebut anda bisa mendapatkan minuman selamat datang atau welcme drink dan asuransi kecelakaan.

Akses menuju lokasi

Untuk menuju Kebun Wisata Pasir Mukti hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Ibukota Jakarta. Dari tol Jagorawi bisa keluar di exit tol Citeureup atau exit tol Sirkuit Sentul. Akses yang mudah dijangkau baik oleh kendaraan pribadi, motor, mobil pribadi, bis medum, maupun bis besar.

Kebun Wisata Pasir Mukti sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata di Sentul untuk kegiatan wisata agro, gathering, outing staff, family gathering, camping, acara perpisahan sekolah, pesta ulang tahun, atau arisan keluarga.

Fasilitas KaWePe

Kebun Wisata Pasir Mukti (KaWePe) mempunyai fasilitas lengkap seperti: ruang pertemuan yang bisa menampung sampai 250 orang, kamar dengan total kapasitas sampai 180 orang lengkap dengan water heater, kolam renang yang bersih, lapangan luas, areal parkir luas serta fasilitas lengkap lainnya.
Fasilitas lain yang ada di KWP, seperti:
Cottage/Villa/Pondok Minahasa, Pondok Nangka, Saung Kumpul, Arena Paintball Games dan High Ropes, Bajak Sawah, Kolam Renang Ketapang, Kampung Pelangi, Mini Outbound, Serok Ikan, Kolam Pancing, Play Ground, Pondok Ole-ole, Green House Hidroponik, Lapangan Luas, Camping Ground, Taman Anggrek, Souvenir, Kebun Buah, Nursery dan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Dunia Ikan di Kebun Pasirmukti

Di tempat ini, anda dan peserta lainnya akan diperkenalkan dengan dunia ikan. Apa itu ikan?? Ikan adalah anggota vertebrata berdarah dingin yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia. Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm. Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.

Ada beberapa jenis ikan air tawar yang ada di indonesia, antara lain: ikan mas, bakwal, dan gurame. Pada umumnya ikan mempunyai beberapa sirip. Sirip punggung, sirip ekor, sirip anal, sirip perut (sepasang), dan sirip dada (sepasang). Sirip punggung berfungsi untuk membelah arus air. Sirip ekor berguna untuk mempercepat pergerakan dalam air sama halnya seperti gas pada mobil. Sirip anal berfungsi untuk mengurangi kecepatan bergerak dalam air. Sirip perut gunanya untuk menjaga keseimbangan tubuh ikan. Sirip dada gunanya untuk memudahkan berbelok ke kiri dan ke kanan. Ikan mempunyai sisik dan lateral line.

Selanjutnya, ikan bawal. Ikan bawal mempunyai ciri khusus yaitu, giginya yang tajam. Ikan bawal ini adalah ikan yang masih satu family dengan kan piranha yang memakan daging. Sedangkan, ikan gurame mempunyai ciri khusus yaitu, siripnya yang mengeras dan tajam. Sirip ini disebut patil. Jika kita terkena patil ini, maka kita bisa mengalami sakit / demam kurang lebih 3 hari. Karena, patil tersebut mempunyai zat yang berbahaya yang namanya zat khitin. Ikan gurame juga mempunyai antena atau sungut yang berfungsi untuk mendeteksi makanan di dasar kolam.

Hidroponik di Kebun Wisata Pasir Mukti

KWP mempunyai sebuah green house yang didesain secara khusus untuk meperkenalkan kepada pengunjung tentang hidroponik. Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman tanpa tanah, hanya memanfaatkan media padat/cair yang mengandung nutrisi tanaman. Hydroponic berasal dari bahasa Yunani, yaitu hydro: air dan ponos: kerja/tenaga. Istilah lain untuk hidroponik adalahhyponeca, hidroponik, soilless culture, atau, budidaya tanaman tanpa tanah. Ada beberapa jenis hidroponik yang perlu kita ketahui. Yaitu: Water Culture, Aeroponik dan Aggregate Culture.

Water Culture
NFT: Nutrient Film Technique, Air nutrisi hanya mengalir pada akar tanaman sekedar basah. Airnya dangkal dan tips seperti film.

DFT: Deep Flow Technique, Air nutrisi sangat banyak/dalam sehingga akar tanaman menjadi tercelup/tergenang.

FS: Floating System, Akar tanaman tergenang/tercelup pada larutan nutrisi yang bersifat statis (tidak mengalami perputaran/tidak mengalir)

Aeroponics
Akar tanaman menggantung seperti akar udara. Untuk fertigasinya dalam bentuk semprotan butir-butir halus membasahi akar. Butir-butir halus sangat kecil mudah diterbangkan oleh angin.

Aggregate Culture
Akar tanaman ditancapkan/ditanam pada media padat tetapi bukan tanah, misalnya pasir, arang sekam, rock wool, dan lain-lain. Sementara fertigasinya diberikan secara berkala dengan cara tetes/ drip system.

Rumah Tani di Kebun Wisata Pasir Mukti

Kebun Wisata Pasir Mukti mempunyai sebuah spot di Kampung Pelangi yang mengenalkan tentang rumah pak tani. Rumah yang dimaksud adalah rumah adat sunda.

Secara tradisional rumah orang Sunda berbentuk panggung dengan ketinggian 1 meter di atas permukaan tanah. Pada rumah-rumah yang sudah tua usianya, tinggi kolong ada yang mencapai 1,8 meter. Kolong ini sendiri umumnya digunakan untuk tempat mengikat binatang-binatang peliharaan seperti sapi, kuda, atau untuk menyimpan alat-alat pertanian seperti cangkul, bajak, garu dan sebagainya. Untuk naik ke rumah disediakan tangga yang disebut Golodog yang terbuat dari kayu atau bambu, yang biasanya terdiri tidak lebih dari tiga anak tangga. Golodog berfungsi juga untuk membersihkan kaki sebelum naik ke dalam rumah.

Morfologi Tanaman di Kebun Wisata Pasir Mukti

Anak-anak TK/SD/SMP akan diperkenalkan tentang morfologi tanaman. Sangat banyak tanaman di Kebun Wisata Pasirmukti yang bisa dijadikan media pembelajaran. Salah satunya mangga. Jenis mangga yang ada di sini adalah mangga gedong gincu.

Pada umumnya, tumbuhan seperti pohon mangga ini mempunyai tiga organ dasar: akar, batang, dan daun. Organ-organ lain dapat digolongkan sebagai organ sekunder karena terbentuk dari modifikasi organ dasar. Beberapa organ sekunder dapat disebut sebagai organ aksesori, karena fungsinya tidak vital. Beberapa organ sekunder penting: Bunga, Buah, Biji, dan Umbi. Tiga yang pertama disebut sebagai organ seksual karena mutlak diperlukan dalam reproduksi seksual.

Bunga
Bunga adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Proses dimulai dengan penyerbukan, yang diikuti dengan pembuahan, dan berlanjut dengan pembentukan biji.

Bunga disebut bunga sempurna bila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Suatu bunga dikatakan bunga lengkap apabila memiliki semua bagian utama bunga. Empat bagian utama bunga adalah sebagai berikut:
  1. Kelopak bunga atau calyx;
  2. Mahkota bunga atau corolla yang biasanya tipis dan dapat berwarna-warni untuk memikat serangga yang membantu proses penyerbukan;
  3. Alat kelamin jantan berupa benang sari;
  4. Alat kelamin betina berupa putik.
Penyerbukan, atau polinasi adalah jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik. Pada sebagian besar bunga, peristiwa ini berarti "jatuh pada bagian kepala putik". Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji. Penyerbukan yang sukses akan diikuti segera dengan tumbuhnya buluh serbuk yang memasuki saluran putik menuju bakal biji. Di bakal biji terjadi peristiwa penting berikutnya, pembuahan.

Buah
Buah adalah pertumbuhan sempurna dari bakal buah (ovarium). Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan, yakni berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma. Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan baik plasmogami, yakni persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariogami, yakni persatuan inti sel keduanya.

Setelah itu, zigot yang terbentuk mulai bertumbuh menjadi embrio (lembaga), bakal biji tumbuh menjadi biji, dan dinding bakal buah, yang disebut perikarp, tumbuh menjadi berdaging (pada buah batu atau drupa) atau membentuk lapisan pelindung yang kering dan keras (pada buah geluk atau nux). Sementara itu, kelopak bunga (sepal), mahkota (petal), benangsari (stamen) dan putik (pistil) akan gugur atau bisa jadi bertahan sebagian hingga buah menjadi. Pembentukan buah ini terus berlangsung hingga biji menjadi masak. Pada sebagian buah berbiji banyak, pertumbuhan daging buahnya umumnya sebanding dengan jumlah bakal biji yang terbuahi.

Dinding buah, yang berasal dari perkembangan dinding bakal buah pada bunga, dikenal sebagai perikarp (pericarpium). Perikarp ini sering berkembang lebih jauh, sehingga dapat dibedakan atas dua lapisan atau lebih. Yang di bagian luar disebut dinding luar, eksokarp (exocarpium), atau epikarp (epicarpium); yang di dalam disebut dinding dalam atau endokarp (endocarpium); serta lapisan tengah (bisa beberapa lapis) yang disebut dinding tengah atau mesokarp (mesocarpium).

Pada sebagian buah, khususnya buah tunggal yang berasal dari bakal buah tenggelam, kadang-kadang bagian-bagian bunga yang lain (umpamanya tabung perhiasan bunga, kelopak, mahkota, atau benangsari) bersatu dengan bakal buah dan turut berkembang membentuk buah. Jika bagian-bagian itu merupakan bagian utama dari buah, maka buah itu lalu disebut buah semu. Itulah sebabnya menjadi penting untuk mempelajari struktur bunga, dalam kaitannya untuk memahami bagaimana suatu macam buah terbentuk.

Biji
Pada umumnya biji memiliki tiga bagian utama, yakni (1) lembaga (embrio); (2) cadangan makanan untuk pertumbuhan embrio; dan (3) pelindung biji, yakni kulit biji.

Lembaga (embrio) adalah jaringan bakal tumbuhan dari mana tumbuhan yang baru akan berkembang manakala kondisi lingkungannya sesuai. Lembaga ini memiliki satu helai daun lembaga (kotiledon) pada tetumbuhan berkeping satu (monokotil); dua helai daun lembaga pada hampir semua tetumbuhan berkeping dua (dikotil); dan dua atau lebih pada tetumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae). Selanjutnya lembaga juga memiliki calon akar yang disebut radikula dan calon tunas yang disebut plumula. Calon batang yang terletak di atas titik perlekatan daun lembaga disebut epikotil, dan yang terletak di bawahnya disebut hipokotil.

Bagian lain dari biji adalah jaringan penyimpan cadangan makanan, yang diperlukan oleh tumbuhan baru ketika mulai tumbuh membesar. Bentuk nutrisi yang disimpan bervariasi tergantung pada jenis tumbuhan tersebut. Pada Angiospermae, cadangan ini bermula dari jaringan yang disebut endosperma, yang berasal dari tetumbuhan induk melalui proses pembuahan ganda. Endosperma yang biasanya triploid ini kaya akan minyak nabati atau zat pati dan protein. Pada Gymnospermae seperti halnya konifera, jaringan makanan cadangan ini berasal dari bagian gametofit betina, jadi bersifat haploid. Pada beberapa spesies, lembaga melekat pada endosperma atau gametofit betina, yang cadangan makanannya kelak digunakan ketika lembaga berkecambah. Pada jenis-jenis yang lain, cadangan makanan pada endosperma telah diserap lembaga dalam tahap perkembangan biji, dan kemudian disimpan di dalam daun lembaga. Dalam kasus terakhir ini, biji yang telah masak tidak lagi memiliki endosperma dan disebut biji eksalbumina (exalbuminous seeds). Beberapa contohnya adalah biji kacang-kacangan (misalnya buncis, kacang merah, dan kacang ercis), pasang, lobak, dan bunga matahari. Sementara biji yang tetap memiliki endosperma hingga masak dikenal sebagai biji albumina (albuminous seeds). Kebanyakan monokotil (misalnya jenis-jenis rumput dan palma), sebagian dikotil (misalnya jarak), dan semua Gymnospermae memiliki tipe biji albumina ini.

Kulit biji (testa) berkembang dari jaringan integumen yang semula mengitari ovula (bakal biji). Tatkala biji masak, kulit biji ini dapat setipis kertas (misalnya pada kacang tanah) atau tebal dan keras seperti pada kelapa. Kulit biji ini berguna untuk menjaga lembaga dari kekeringan dan kerusakan mekanis.

Di samping ketiga bagian utama biji di atas, beberapa spesies memiliki bagian tambahan pada biji yang dihasilkannya; misalnya salut biji (arilus) pada pala, rambut pada kapas, atau sejenis struktur yang mengandung minyak yang disebut elaiosome (misalnya pada biji jarak dan biji aneka jenis Euphorbiaceae lainnya). Biji-biji juga acap memiliki tanda bekas tali pusat yang disebut hilum (pusar atau pusat) dan rafe (garis biji).

Itulah beberapa materi wisata agro yang bisa diberikan kepada pengunjung. Selain menikmati kebun buah, Kebun Wisata Pasir Mukti sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata di Sentul untuk kegiatan gathering, outing staff, family gathering, acara perpisahan sekolah, pesta ulang tahun, atau arisan keluarga.

Bagikan artikel ini