Tips Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Travelling atau Liburan

persiapan travelling

Travelling merupakan sebuah kegiatan liburan untuk menghilangkan kejenuhan. Saat musim liburan tiba, saatnya Anda mengajak keluarga tercinta dengan refreshing sejenak.

Di masa sekarang ini, jika memang sangat ingin tetap pergi liburan, maka Anda harus bisa memastikan keamanan dan kebersihan. Termasuk mengurangi interaksi dengan orang lain. Anda cukup mengandalkan kendaraan pribadi untuk mengajak keluarga untuk berlibur, melepas kepenatan.

Agar liburan kali ini tetap menyenangkan, aman dan nyaman, mari simak tips penting yang harus disiapkan sebelum travelling atau liburan.

1. Atur Jadwal Berlibur

Agar liburan berjalan dengan lancar, Anda dapat mengatur jadwal terlebih dahulu berdasarkan kalender libur nasional. Anda bisa memanfaatkan tanggal merah untuk berlibur. Umumnya, orang akan berlibur pada Hari Sabtu atau tanggal merah di Hari Jumat (long weekend).

Akan tetapi, biasanya pada saat long weekend terjadi lonjakan mobilitas orang yang ingin berlibur. Tempat wisata bisa penuh. Jalanan penuh dengan kendaraan. Anda perlu menyiasati kondisi seperti ini. Bisa dengan cara mengatur jadwal pemberangkatan. Anda bisa berangkat lebih awal, misal jam 06.00 pagi. Atau, jika ingin menginap, Anda bisa berangkat sehari sebelum long weekend.

Tips untuk Anda: Anda bisa berangkat berlibur pada hari biasa (weekdays). Jika terpaksa ingin berlibur di saat long weekend, maka Anda harus berangkat lebih awal.

2. Perhatikan Kondisi Mobil

Jika Anda bepergian berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda harus memperhatikan kondisi mobil Anda. Pastikan kondisi mobil aman untuk perjalanan jauh.

Cek kondisi ban, termasuk ban serep. Periksa oli mesin. Pehatikan juga kondisi air radiator dan minyak rem.

Jangan lupa pula, bersihkan bagian dalam kabin mobil. Bersihkan bagian interior dari debu dan kotoran. Semprotkan dengan cairan desinfektan terutama pada bagian yang sering disentuh tangan. Semprot juga bagian handle pintu.

Tips untuk Anda: pastikan kondisi mobil prima untuk perjalan jauh. Bersihkan bagian interior dan ekterior mobil. Semprot dengan cairan anti bakteri untuk mencegah penularan penyakit yang lagi tren sekarang. Lakukan pemeriksaan ini sehari sebelum berangkat berlibur.

3. Tentukan Destinasi Liburan

Jangan lupa, Anda buat daftar tujuan wisata yang ingin dikunjungi. Urutkan dari yang paling ingin Anda kunjungi hingga tujuan wisata menarik lainnya, namun Anda belum pernah sama sekali mengunjunginya.

Anda bisa memilih wisata di Sentul, Bogor dan sekitarnya. Mulai dari wisata alam, wisata murah meriah, hingga tempat wisata berkelas.

Anda bisa memilih wisata alam berupa Air Terjun Bidadari, Curug Cilember, Curug Ciherang, Gunung Batu Sukamakmur, Rawa Gede, dan Villa Bukit Hambalang.

Anda juga bisa menetukan pilihan wisata murah meriah seperti Kolam Renang Rosomulyo atau Kolam Renang Pavo Sentul. Harga tiketnya pun terjangkau. Cukup 20.000/orang Anda sudah bisa menikmati kolam renang dan pemandangan di sekitarnya.

Atau, Anda juga bisa berlibur ke tempat wisata lainnya, seperti: Taman Safari Puncak, Jungle Land, Jungle Fest, De Voyage, atau Rafting di Cisadane.

Tips untuk Anda: tentukan pilihan tujuan wisata sebelum Anda berangkat. Anda bisa memilih destinasi wisata sesuai dengan budget/anggaran.

4. Menyusun Anggaran Biaya Liburan

Menyusun dan menentukan anggaran biaya selama liburan merupakan hal wajib dilakukan. Apalagi jika Anda dan keluarga berencana akan berlibur panjang dan membutuhkan biaya besar. Jangan sampai melebihi anggaran yang disiapkan (over budget).

Silahkan dihitung berapa biaya transportasi selama perjalanan liburan, biaya makanan, tiket masuk lokasi wisata, dan biaya penginapan. Bahkan, hitung juga biaya laundry jika perlu. Termasuk, biaya untuk belanja souvenir atau oleh-oleh untuk dibawa pulang nanti.

Tips untuk Anda: hitung biaya penting dan tidak penting selama liburan. Siapkan pula dana cadangan untuk antisipasi selama perjalanan. Untuk mengantisipasi ‘lapar mata’, usahkan jangan membawa kartu kredit selama liburan.

5. Membuat Daftar Barang Bawaan

Membuat list barang yang akan dibawa selama liburan merupakan hal penting. Anda tidak perlu membawa berbagai macam barang travelling, cukup bawa yang diperlukan saja.

Di saat kondisi sekarang ini, disarankan anda membawa perlengkapan kesehatan wajib untuk melindungi Anda dan keluarga. Yakni, masker, sanitizer, dan desinfektan. Bawalah masker medis dan cadangannya, hand sanitizer, desinfektan, tisu basah, maupun tisu kering.

Selain itu, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi sebagai pertolongan pertama. Selama perjalanan, kita tidak tahu, bisa saja tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Misalnya: mabuk perjalanan, diare, iritasi, luka ringan, flu, batuk, masuk angin (menurunnya daya tahan tubuh), alergi, bahkan nyeri sendi.

Tips untuk Anda: Jangan lupa untuk mencatatnya di buku kecil sehari sebelum keberangkatan. Selain untuk persiapan, ini juga memudahkan Anda untuk meng-updatenya saat Anda pulang nanti. Pastikan semuanya lengkap. Jangan sampai ada yang tertinggal.

6. Jaga Stamina dan Kesehatan Tubuh

Agar Anda dan keluarga bisa menikmati liburan sepuasnya, jangan lupa untuk tetap memperhatikan stamina dan kesehatan tubuh. Pastikan anda fit dan prima, baik sebelum maupun selama melakukan perjalanan.

Tips untuk Anda: olah raga yang rutin, tidak begadang, menjaga pola makan, serta konsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Itulah beberapa tips untuk Anda yang berencana melakukan perjalanan untuk berlibur. Liburan yang menyenangkan diawali dengan persiapan yang matang. Persiapan diri, keluarga, kendaraan, dan tempat wisata yang dituju.

Bagikan artikel ini